Saturday, September 22, 2012


Dear Sushicholog smua....setelah puas ngliatin menunya sushichology (apalagi kalo order hehe..) kali ini gw mau sharing sputar manfaat makan sushi....gw pengen web ini slain bisa promosiin sushichology juga bisa menambah pengetahuannya para sushicholog smua soal "SUSHI".....Ok lets begin...


Manfaat Makan Sushi

SUSHI, makanan "wajib" nya orang Jepang ini adalah makanan yang terdiri dari nasi yang dibentuk bersama lauk berupa makanan laut, daging, sayuran mentah atau sudah dimasak. Menurut penelitian, hasil-hasil laut dari sushi memiliki kandungan zat-zat essential seperti Omega 3 yang diperlukan tubuh untuk mencapai kesehatan yang optimal. Adapun khasiat utama dari Omega 3 tersebut adalah memperbesar pembuluh darah yang secara otomatis memperlancar peredaran darah. Selain itu juga sangat bagus khasiatnya untuk penyakit arthritis dan asthma. Kandungan Omega 3 sushi banyak terdapat pada ikan Tuna dan ikan Salmon. Namun perut ikan tuna atau lebih dikenal dengan Toro adalah bagian yang paling banyak memiliki kandungan Omega 3.


Sushi bersifat menyehatkan tubuh karena kandungan nasi dan ikan mentah dalam Sushi, sedikit mengandung lemak (30 persen) dan lebih banyak mengandung asam lemak omega-3. Selain itu kandungan kalori di dalam sushi rata-rata hanya berkisar 136 sampai 509 kalori. Sehingga makanan ini tidak bersifat menggemukkan karena sushi tidak termasuk dalam makanan berkalori tinggi.



Selain ikan, nori yang dibuat dari rumput laut atau nama lainnya ganggang laut hijau yang dihaluskan, kemudian dihamparkan dengan ketebalan yang sangat tipis, mengandung banyak mineral yang penting bagi tubuh. Disebutkan bahwa kalsium, magnesium, fosfor, besi dan potassium merupakan bahan kandungan dalam rumput laut. Nori juga mengandung Pantothenic acid yang penting bagi kelenjar adrenal dan bermain penting bagi managemen stress tubuh. Kurangnya pantothenic acid bisa menyebabkan infeksi, kelelahan dan rasa gelisah berlebihan.


Manfaat lain yaitu ternyata nori termasuk kategori makanan berserat tinggi. Karena Kandungan serat (dietary fiber) yang biasanya dipakai pada jenis makanan diet, pada rumput laut sangat tinggi. Serat rumput laut ini bersifat mengenyangkan dan memperlancar proses metabolisme tubuh sehingga sangat baik dikonsumsi pada penderita obesitas. Karbohidratnya juga sukar dicerna sehingga Anda akan merasa kenyang lebih lama tanpa takut kegemukan.


Kandungan Nutrisi Sushi

Mengontrol jumlah makanan yang masuk kedalam tubuh sangatlah penting dan hal itu dapat dilakukan dengan menkonsumsi sushi. Hal ini juga diungkapkan oleh ahli kesehatan bahwa sushi memiliki jumlah nutrisi yang cukup yang dibutuhkan oleh tubuh.
Seperti yang diketahui masyarakat bahwa sushi terdiri lebih dari satu bahan masakan yang memiliki gizi yang tinggi. Untuk ukuran sedang, sushi mengandung kalori kurang lebih 350.
Namun demikian, masyarakat perlu untuk mengimbangi sushi dengan sayuran karena serat sangat penting untuk metabolism tubuh dan sayuran – sayuran tersebut biasanya juga tersedia dimana sushi dijual, seperti acar.
(Dikutip melalui berbagai sumber)
Semoga bermanfaat ya guys...oiya just info kalau sushichology ini semuanya menyajikan sushi yang matang supaya lebih sesuai dengan lidah orang asia namun kandungan gizi, serat dan proteinnya juga tinggi :) Sampai jumpa di info sushichology selanjutnya ^_^


No comments:

Post a Comment